Rapat Koordinasi Tindak  Lanjut Implementasi UU No.23 Tahun 2014

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Implementasi UU No.23 Tahun 2014

Menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 120/5935/SJ tanggal 16 Oktober 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengalihan Urusan berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yaitu salah satu urusan yang akan diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Pemerintah Provinsi adalah Pengelolaan Terminal Tipe B dan dalam rangka penyerahan P3D (Personil, Sarana dan Prasarana, Pendanaan dan Dokumen terminal tersebut, hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Drs. Sufian AH, MM, Senin (1/2) pada Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Implementasi UU No. 23 Tahun 2014 di Ruang Rapat Dishubkominfo prov. Kalsel Jl. Aneka Tambang Banjarbaru. Dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kominfo Kab/Kota se-Kalimantan Selatan.

Dalam kesempatan ini tiap-tiap Kabupaten/kota menyampaikan kendala dan permasalahan yang ada di daerah masing-masing diantaranya mengenai personil yang ada didaerah dmana SDM yang digunakan kebanyakan masing berstatus tenaga Kontrak dan sarana dan prasarana masih ada di beberapa daerah yang pemilikannya masing bermasalah serta mengenai pembagian Pengjasilan Pendapatan Daerah (PAD).

Untuk itu dalam kesempatan ini Kepala Bidang LLAJ Basiran, SE menyampaikan bahwa untuk langkah awal ini semua terminal yang ada didaerah untuk dapat di inventaris lengkap dengan data personil, sarana dan prasarana pendanaan dan dokumen yang  ada di lapangan keadaan saat ini, untuk selanjutnya dapat di laporkan untuk kemudian ditindak lanjuti sehingga penyerahan pengelolaan terminal dapat segera terlaksana”.

Kebijakan pemerintah untuk segera dapat menetapkan kewenangan pengelolaan operasional terminal bertujuan agar kelancaran dan pengaturan lalu lintas  pada angkutan Umum dapat diatur dengan baik dan kelengkapan fasilitas dapat di lengkapi sehingga pemakai dan pengguna dapat menggunakannya, hal ini berdampak untuk peningkatan perekonomian di masing-masing daerah.(NN)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*