Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI di Kalsel

Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI di Kalsel

Berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal DPR RI Nomor : PW/02756/DPRRI/II/2015, perihal Kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Kalimantan Selatan. Dalam Reses Masa Persidangan II tahun 2014-2015 Komisi IV DPR RI (Bidang : Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan, Perum Bulog serta Dewan Kelautan Indonesia) berkunjung ke Kalsel untuk melakukan pertemuan dengan Gubernur Kalsel, Forkopimda dan Instansi terkait di Kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Senin (23/2).

Menurut ketua rombongan, Siti Hediati Soeharto yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, maksud kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui secara langsung perkembangan sektor pangan di Kalsel.

Gubernur Kalsel Rudy Ariffin dalam sambutannya memaparkan sekilas mengenai profil Kalsel yang hanya memiliki luas 7 persen dari luas wilayah Pulau Kalimantan dengan 11 Kabupaten, 2 Kota, 152 Kecamatan, 2008 Desa, serta penduduk yang mencapai 3,9 juta jiwa yang 50 persen mata pencaharian berada di sektor pertanian.

Perekonomian di Kalsel dilihat dari sektor Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), sumber terbesar dari pertambangan yang mencapai 40 persen sedang pertanian hanya 30 persen. “Akan tetapi dari sudut keterlibatan masyarakat, pertanian tetap mengungguli sebesar 50 persen,” kata Rudy.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih karena dalam rangka peningkatan sektor pertanian juga mendapat dukungan dari TNI. “Hal ini untuk terwujudnya kedaulatan pangan di Indonesia, terutama Kalsel yang merupakan salah satu provinsi lumbung padi Nasional,” paparnya.

Selanjutnya, Rudy juga memaparkan komoditas prioritas yang dikembangkan di Kalsel, yaitu tanaman pangan (padi, jagung, dan kedelai), hortikultura (jeruk, pisang, cabe merah dan bawang merah), peternakan (sapi potong, ayam pedaging, kambing dan itik), perkebunan (kelapa sawit dan karet), perikanan (perikanan tangkap dan budi daya), serta perhutanan (hutan rakyat dan kayu gaharu).

Banjarbaru 23 Februari 2015

Pembuat Laporan

1. Syaiful Fahri

2. H. Bahrom Majie

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*