Harapkan Penyusunan Cell Plan Menara Telekomunikasi ikuti RTRW

Harapkan Penyusunan Cell Plan Menara Telekomunikasi ikuti RTRW

Prospek Industri Telekomunikasi di Indonesia terus bersinar, perkembangan dalam sektor industri selular bertambah banyak, seiring dengan banyaknya pengguna telpon selular/handphone yang mempunyai lebih dari satu simcard (GSM dan CDMA).

MC-Kalsel-Aptel-Menara-Telekomunikasi

Sekretaris Dishubkominfo, Drs Wahyudin MAP menyampaikan sambutan pada acara Pembinaan Kepada Penyedia dan Pengguna Menara Telekomunikasi Serta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab/Kota di Kalsel Th. 2014. (Mc Kalsel/Maulida Noor)

“Hal tersebut mengakibatkan permintaan pelanggan akan pelayanan data, terutama pengguna Smartphone maupun Tablet terus meningkat,” kata Kadishubkominfo Kalsel, Drs Haris Karno MAP yang disampaikan oleh Sekretaris Dishubkominfo Kalsel, Drs Wahyudin MAP, Rabu (25/6/2014) di Swiss Belhotel Banjarmasin pada kegiatan Pembinaan Kepada Penyedia dan Pengguna Menara Telekomunikasi Serta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab/Kota di Kalsel Th. 2014.

Menurutnya, perusahaan penyedia layanan handphone harus berusaha meningkatkan jangkauan layanannya di beberapa daerah, dengan membangun salah satu infrastruktur pendukungnya berupa menara telekomunikasi.

Karena itu perlu dilakukan penataan agar estetika atau visual kota tidak terganggu. “Untuk itu kami berharap Dinas Pehubungan Kominfo Kab/Kota sebagai salah satu Instansi Teknis segera mengatur Cell Plan menara telekomunikasi, terutama bagi yang belum memiliki dan bagi yang telah memiliki Cell Plan agar dapat disosialisasikan dan diterapkan,” ungkap Haris.

Yang menjadi perhatian, menurut dia, Cell Plan yang telah tersusun dan sebelum ditetapkan dalam Peraturan Bupati/Walikota agar disosialisasikan kepada Operator Telekomunikasi untuk mengakomodasi Rencana Pengembangan BTS setiap Operator Telekomunikasi serta disosialisasikan juga kepada masyarakat yang terkena dalam zona Cell Plan menara baru. “Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari,” lanjutnya.

Sesuai Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Komunikasi pada Pasal 6 ayat 1, bahwa lokasi pembangunan menara wajib mengikuti Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota.

“Untuk itu diharapkan dalam penyusunan Cell Plan menara Telekomunikasi memperhatikan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) yang ada,” kata Haris. (dha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*