Web Berbasis Open Source

Web Berbasis Open Source

IMG_41001

MC Kalsel / Ari

Training pembuatan web desa dengan menggunakan system operasi open source software yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kalsel dengan didukung Kemkominfo RI, Gerakan Desa Membangun dan Pandi merupakan upaya bersama untuk pemanfaatan program Indonesia Go Open Source (IGOS) Khususnya open source software.

“Melalui kegiatan ini kita akan menggali informasi yang lebih dalam sehingga memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang open source software,” kata Kadishubkominfo Kalsel, Drs Haris Karno MAP yang disampaikan Sekretaris Dishubkominfo Kalsel Drs Wahyudin MAP, Kamis (12/6/2014).

Sesuai dengan edaran Menteri Kominfo RI No 05/SE/M.Kominfo/10/2005 tentang pemakai dan pemanfaatan pengguna piranti lunak legal di lingkungan Instansi Pemerintah, hal tersebut di dukung juga oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dengan mengeluarkan surat edaran No 01/M.Pan/3/2009 pada 30 Maret 2009 tentang pemanfaatan perangkat lunak legal open source dan diinstruksikan seluruh instansi pemerintah untuk menggunakan piranti lunak khususnya open source guna penghematan anggaran biaya pemerintah.

“Implementasi system open source pada pembuatan web desa akan membantu pelaksanaan e-Government hingga sampai ke system informasi desa yang diamanahkan pada UU No 6/2014 tentang desa,” tutur Haris.

Pada pembuatan berbagai system operasi, lanjut dia, dan aplikasi yang dibutuhkan desa. “Berkenaan dengan hal itu, kita berharap training ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat agar terpacu untuk menggunakan open source software legal,” katanya.

Menurut Haris, open source akan menjadi bermanfaat karena menggunakan system operasi open source software yang legal, menggunakan system operasi open source software cukup murah, karena tidak perlu membeli software cukup download dengan gratis dan system operasi open source aman digunakan daripada software berbayar karena komplekan software berbayar mempunyai celah yang mudah untuk dimasuki hacker dan virus. (wln)

Sumber : http://mc-kalsel.info/2014/06/12/web-berbasis-open-source/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*