Dishubkominfo Tegakkan Hukum Dimensi dan Perizinan Angkutan

Dishubkominfo Tegakkan Hukum Dimensi dan Perizinan Angkutan

Dengan mulai direncanakannya pengoperasian Terminal KM. 17, masyarakat mulai resah karena banyaknya angkutan penumpang liar beroperasi. Hal ini lah yang membuat Dishubkominfo Kalsel menggalakkan operasi penegakan hukum dimensi dan perizinan angkutan di simpang empat Handil Bakti, Kabupaten Batola, Selasa (24/3) pagi.

Dalam operasi kali ini yang menjadi sasaran adalah kendaraan bermotor roda 4 serta angkutan penumpang dan barang. “Dalam pelaksanaannya kita menggandeng mitra dari Polda Kalsel dan Dishubkominfo Batola, karena pelaksanaannya berada di wilayah Batola,” kata Kasie Pengendalian dan Operasional LLAJ Dishubkominfo Kalsel, Agus Sardjono.

Agus menambahkan, pada operasi ini dilakukan pemeriksaan satu per satu buku KIR dan administrasi kenderaan berupa izin trayek dan yang lainnya, apabila terdapat pelanggaran, maka akan diserahkan kepada instansi yang berwenang. “Untuk perizinan buku KIR, izin trayek angkutan dan sebagainya dapat diselesaikan dengan Dishubkominfo sedangkan untuk masalah SIM dan STNK akan dilaksanakan oleh Subdit Bin Gakkum Polda Kalsel,” katanya.

Pada kesempatan ini juga menegakkan Perda No 3 Th 2008 tentang Pengaturan Penggunaan Jalan Umum dan Jalan Khusus untuk Angkutan hasil Tambang dan Hasil Perusahaan Perkebunan. “Seperti yang kita ketahui, jalan lintas Batola ini mulai ramai dengan angkutan kelapa sawit, jadi kami juga akan melakukan pemeriksaan di jalan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, sasaran utama operasi ini adalah pengguna taksi ilegal yang semakin marak terjadi di Kalsel.

“Bagi pelanggar yang ditemukan, petugas kami sudah memberikan surat tilang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Dan mereka akan menghadapi sidang di PN Marabahan pada tanggal 8 April mendatang,” tutur Agus. (dha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*