BIMTEK siMAYA

BIMTEK siMAYA

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis Open Source dengan aplikasi administrasi perkantoran Simaya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 23-24 maret 2015 bertempat di Aula Dishubkominfo jalan RE.Martadinata No.3 Banjarmasin diikuti sebanyak 50 orang peserta terdiri dari perwakilan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan dari Dishubkominfo Kab/Kota dengan menghadirkan nara sumber Direktur e-Goverement Kementrian Kominfo RI, Firmansyah Lubis, dan Direktur Inixindo Yogyakarta Andi Yuliantoro, sementara untuk simulasi Bimtek Aplikasi Simaya dibimbing dari TIM IT dan CIO Dishubkominfo Kalsel.

Kadishubkominfo Provinsi Kalimantan Selatan Drs.H.Sufian, AH, MM dalam sambutannya mengatakan, Simaya adalah sistem aplikasi Perkantoran maya, sistem ini memungkinkan instansi dapat mengirim atau menerima surat secara elektronik (online). Mirip dengan email, namun aplikasi ini mempunyai fitur tembusan, disposisi, dan penelusuran surat. Sistem ini dapat mempercepat proses surat menyurat hingga menjadi hitungan menit, menghemat penggunaan kertas, dan dapat dibaca dimana saja melalui laptop, smartphone, dan gadget selama terhubung dengan internet. Hasilnya adalah hasil kerja yang efektif dan efisien. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam sistem admintrasi perkantoran modern yang mengotimalkan pelayanan public merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama, dan pemerintah harus menggunakan Teknologi ini sebagai bagai dari mewujudkan good goverment.

Firmansyah lubis dalam paparannya mengatakan aplikasi Simaya ini dapat digunakan semua instansi pemerintah dengan gratis dan dapat dikembangkan secara mandiri karena sifatnya open source. Aplikasi lain yang tersedia yaitu Aplikasi layanan Publik, PNS Box, Email Nasional PNS, Voip, SMS Gateway, dan Integrator Data. Semntara itu Andi yuliantoro memaparkan bahwa hal lain yang tidak kalah penting dari aplikasi dan infrastruktur adalah budaya pengguna. Bagaimana mengubah budaya pengguna dari yang terbiasa manual, menuju penggunaan sistem.

Miftah Ridha Anshari, S.Kom, M.Eng (CIO), salah satu trainer dalam Bimtek mengatakan bahwa aplikasi ini relatif mudah karena user friendly. Kemudian SKPD di lingkup Pemerintah Kalimantan Selatan maupun Pemerintah Kabupaten Kota dapat menggunakan aplikasi ini, tanpa kecuali. Informasi pelatihan dan layanan teknis dapat menghubungi Contact person di 0853-5041-2699.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*